logo


Bahan Baku Hand Sanitizer Mahal dan Langka, Teknisi Laboran Minta Masyarakat Gunakan dengan Lebih Bijak

“Masyarakat harus bijak dalam menggunakan hand sanitizer sebab jika dipakai terlalu banyak maka bagi yang kebetulan memiliki alergi akan membuat gatal dan iritasi," kata Teknisi laboran Sholihatus Sallama

25 Maret 2020 11:15 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kian masifnya penyebaran virus Corona COVID-2019 membuat hand sanitizer sangat diburu oleh masyarakat. Hal tersebut menyebabkan harga Hand sanitizer meroket, bahkan harga bahan bakunya seperti alkohol juga turut melonjak.

“Kami mengalami kesulitan mendapatkan bahan baku, alkohol yang awalnya seliter seharga 40 ribu hingga 50 ribu rupiah kini menjadi 125 ribu hingga 150 ribu rupiah. Itu pun kadang barangnya tidak ada, atau ada pembatasan pembelian," kata Teknisi laboran di Laboratorium Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Jember, Sholihatus Sallama pada Selasa (25/3) dilansir dari Tempo.co.

Oleh karena itu, , meminta masyarakat untuk bijak dalam menggunakan hand sanitizer karena cairan tersebut memiliki dampak buruk terhadap kesehatan kulit jika digunakan secara berlebihan.


Tenaga Medis Tak Berhenti Bekerja, Ini Cara Pertamina Bantu Jaga Kondisi Mereka Tetap Fit

“Masyarakat harus bijak dalam menggunakan hand sanitizer sebab jika dipakai terlalu banyak maka bagi yang kebetulan memiliki alergi akan membuat gatal dan iritasi," katanya , Selasa (24/3).

Ia menyarankan kepada masyarakat untuk mengutamakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Uap alkohol yang terhirup dalam jumlah banyak berisiko bagi kesehatan,” imbuhnya.

Antisipasi Dampak Covid-19, Pemerintah Kebut Penyaluran Bantuan Sosial

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia