logo


Pastikan SBMPTN 2020 Tetap Berjalan, Nadiem: Mau Enggak Mau, Kita Harus Lakukan

Nadiem mengatakan pihaknya masih merumuskan waktu dan teknis dari penyelenggaraan UTBK agar tidak membahayakan keselamatan peserta.

24 Maret 2020 18:30 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 tetap berjalan di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Pernyataan itu menyusul kebijakan pemerintah soal peniadaan UN 2019/2020 sebagai sikap waspada terhadap penularan Covid-19. Terkait Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN, pelaksanannya akan diundur hingga waktu yang ditentukan.

"Untuk SBMPTN, mau enggak mau kita harus melakukan. Karena anak-anak SMA harus masuk perguruan tinggi," kata Nadiem melalui konferensi video, Selasa (24/3).


Minta Maaf soal Peniadaan UN, Nadiem: Kita Pilih Keselamatan Nyawa

Ia menegaskan UTBK tetap dilaksanakan pada tahun ini. Saat ini, lanjut Nadiem, pihaknya masih merumuskan waktu dan teknis dari penyelenggaraan UTBK dengan pertimbangan utama keselamatan peserta.

"Kemungkinan besar akan kita tunda atau menemukan metode rolling atau shifting dan mengikuti protokol kesehatan. Jadi sudah pasti (seleksi masuk) perguruan tinggi tetap jalan terus mungkin dengan mekanisme dan waktu berbeda," imbuhnya.

Untuk diketahui, UTBK merupakan ujian yang wajib dilakukan bagi peserta yang ingin masuk PTN melalui jalur SBMPTN. UTBK terdiri dari beberapa tes, seperti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi akademik (TKA) yang ditentukan sesuai kelompok ujian peserta.

Antisipasi Penyebaran Covid-19, bank bjb Batasi Kegiatan Operasional Layanan Kas

Halaman: 
Penulis : Iskandar