logo


Jokowi Bersikeras Tak Akan Lockdown Indonesia, Kenapa?

"Ada yang bertanya kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan, perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter, budaya, kedisiplinan yang berbeda-beda," kata Jokowi

24 Maret 2020 10:45 WIB

setpress.setneg.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kebijakan lockdown tidak akan diberlakukan di Indonesia, baik itu sebagian maupun seluruh wilayah.

"Ada yang bertanya kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan, perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter, budaya, kedisiplinan yang berbeda-beda," kata Jokowi dalam Rapat Terbatasnya, Selasa (24/3).

"Oleh itu kita tidak memilih jalan itu dan itu sudah saya pelajari saya memiliki analisa-analisa seperti itu," tegasnya kembali.


Fadli Zon: Pak Jokowi, Jangan Buang-buang Waktu Menunda Lockdown Karena Akan Banyak Korban Jatuh

Ia menjelaskan kembali kebijakan lockdown tidak bisa diaplikasikan di negara Indonesia. Untuk itu, Jokowi menyatakan bahwa kebijakan physical distancing merupakan langkah yang paling cocok untuk diterapkan.

"Jadi yang paling pas di negara kita physical distancing menjaga jarak aman kalau itu bisa kita lakukan saya yakin kita bisa mencegah penyebaran covid-19 ini," tegas Jokowi.

"Ada juga yang sudah diisolasi masih belanja di pasar, kedisiplinan untuk mengisolasi yang penting, partial isolated, mengisolasi RW, kelurahan penting, tapi dengan kedisiplinan yang kuat kalau ini bisa dilakukan saya yakini skenario yang kita pilih bisa menghasilkan hasil yang baik," paparnya.

Anies Baswedan Bakal Hukum Warga yang Masih Ngeyel Keluyuran di Luar Rumah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia