logo


Wabah Covid-19, DPD Minta Kemenkeu Tak Pangkas Anggaran Dana Desa

Ia minta anggaran Kementerian PUPR dan belanja alutsista dialihkan untuk tangani Covid-19

23 Maret 2020 15:50 WIB

Anggota DPD RI, I Agustin Teras Narang
Anggota DPD RI, I Agustin Teras Narang istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dalam situasi terkini menghadapi penyebaran virus Covid-19, melakukan kerja-kerja pemantauan dalam upaya memastikan terjaganya kepentingan publik serta masyarakat di daerah.

Salah satunya, Ketua Komite I DPD RI, Teras Narang meminta pemerintah untuk secara bijaksana melakukan penyesuaian anggaran demi mendukung penanganan Covid19.

"Saya meminta agar pemerintah menimbang anggaran Kementerian PUPR dan belanja alutsista, sebagian dialihkan untuk penanganan Covid19," ujarnya di Jakarta, Senin (23/3/2020).


Menyelamatkan Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona

Dia mengingatkan agar Kementerian Keuangan tidak memangkas Anggaran Dana Desa, sebab dalam situasi saat ini, dana tersebut justru akan sangat bermanfaat bagi desa. Khususnya untuk menghadapi dampak sosial dan ekonomi yang dapat ditimbulkan Covid-19.

Dalam hal ini, Teras meminta agar pemerintah menyusun mekanisme agar pemanfaatan dana desa dapat dialihkan pada sektor kesehatan masyarakat dalam situasi saat ini. Hal ini juga sekaligus untuk membangun kesadaran masyarakat akan peran dana desa bagi kepentingan publik.

Secara khusus, dia juga meminta agar setiap unsur pimpinan daerah juga agar melakukan hal yang sama mendukung pemerintah pusat mengatasi penyebaran Covid-19. Diantaranya dengan melakukan penyesuaian terhadap APBD agar lebih tanggap pada penanganan Covid19.

Minta Patuhi Jokowi Soal Penanganan Corona, PDIP Sebut Tak Perlu Ada Perdebatan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata