logo


Menyelamatkan Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona

Dahsyat nian efek Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara

23 Maret 2020 15:02 WIB

Menghitung uang rupiah.
Menghitung uang rupiah. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekonomi dibuat lumpuh, dollar Amerika Serikat meroket, indeks harga saham melorot tajam, hampir semua sendi ekonomi lumpuh. Dahsyat nian efek Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara.

Dampak Covid-19 ini juga membuat pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan salat Jumat selama 2 pekan serta kebaktian di gereja. Kegiatan ijtima ulama di Gowa juga sudah dibatalkan serta pemerintah meminta agar kegiatan Misa Uskup Ruteng agar dibatalkan.

Mantan Anggota DPR RI, Adjeng Ratna Suminar berharap pemerintah bergerak lebih cepat untuk melakukan tes corona massal kepada warga Indonesia khususnya di wilayah-wilayah yang terdampak seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.


Awas Obat Keras, Jokowi Jelaskan Penggunaan Klorokuin dalam Penanganan Pasien Covid-19

Pemerintah memang telah memilih opsi untuk melakukan tes massal ketimbang melakukan lockdown. Itu dilakukan untuk tetap menjaga ekonomi nasional agar tidak terlalu terpuruk. Mengingat masih banyak pekerja di sektor informal yang tetap melakukan aktivitas.

"Opsi apapun dari bapak Presiden Jokowi, harus segera dilakukan oleh para pembantu-pembantunya," ujar Adjeng kepada wartawan, Senin (23/3).

Selain itu, untuk menjaga perekonomian dan daya beli masyarakat. Adjeng mendukung pemerintah untuk mengeluarkan stimulus-stimulus ekonomi seperti segera mengucurkan bantuan langsung untuk Program Keluarga Harapan senilai Rp10 triliun.

Stimulus lain yang diapresiasi yakni memberikan kelonggaran atau restrukturisasi utang bank bagi para pelaku UMKM. Selain itu kata Adjeng, pemerintah juga sudah memberikan tax holiday selama 6 bulan bagi para pekerja di sektor manufaktur.

"Kita butuh intervensi pemerintah untuk lebih banyak lagi memberikan kelonggaran kepada para pelaku usaha yang terdampak corona agar mereka bisa hidup," imbuh Adjeng.

Kemenko PMK Sepakat Realokasi Anggaran untuk Penanganan Covid-19

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Aurora Denata