logo


Harga Minyak Dunia Rendah, Harga BBM Non-Subsidi Berpotensi Turun

"Jika sampai akhir bulan ini harga minyak dunia tetap di posisi rendah, maka dimungkinkan bagi Pertamina untuk melakukan penyesuaian harga BBM non-subsidi," kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman

23 Maret 2020 12:52 WIB

SPBU Pertamina
SPBU Pertamina Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) akan membuka kemungkinan untuk menurunkan harga BBM non-subsidi jika sampai akhir Maret ini harga minyak dunia masih berada di posisi rendah.

"Jika sampai akhir bulan ini harga minyak dunia tetap di posisi rendah, maka dimungkinkan bagi Pertamina untuk melakukan penyesuaian harga BBM non-subsidi," kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (23/3).

Ia menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga BBM, yakni harga minyak dunia, kurs rupiah terhadap dolar dan tingkat inflasi.


Hadapi Wabah Covid-19, Pertamina Sediakan Hand Sanitizer di SPBU

Ia mengatakan terkait dengan penyesuaian harga ini, pihak Pertamina sendiri tidak lantas bisa memutuskan sepihak. Hal itu tetap diperlukan peraturan pemerintah yang mengacu pada ketentuan Menteri ESDM.

"Pada prinsipnya, Pertamina selaku operator akan menyesuaikan dengan peraturan pemerintah. Sampai saat ini, harga BBM mengacu pada ketentuan dari ESDM, dan Pertamina selalu comply dengan hal tersebut. Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan," terangnya.

Untuk saat ini, harga jual BBM non-subsidi di SPBU Pertamina adalah:

Pertamax Turbo Rp 9.850/liter
Pertamax Rp 9.000/liter
Pertalite Rp 7.650/liter
Pertamina Dex Rp 10.200/liter
Dexlite Rp 9.500/liter

Bantu Ekonomi Masyarakat di Tengah Covid-19, Pertamina Berikan 685 Bantuan Siaga Pangan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×