logo


Pengin Ikut Rapid Test Massal di Jabar? Begini Syaratnya

Pemprov Jabar telah menyiapkan 3 stadion untuk rapid test massal

23 Maret 2020 05:58 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil indozone

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan tiga stadion sebagai lokasi rapid test massal. Stadion tersebut yaitu Stadion Patriot Bekasi, Stadion Pakansari, dan Stadion Jalak Harupat Bandung. Rencananya rapid test akan dimulai pada hari Selasa (24/2/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa tidak semua orang bisa mengikuti rapid test massal. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

"Kriteria warga yang dites pada tahap satu adalah semua pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP). Kemudian 50 orang terdekat yang sempat melakukan kontak fisik dengan PDP dan ODP akan di tes, termasuk warga yang berkontak fisik dengan pasien positif Covid-19," kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Minggu (22/3/2020).


Bertambah Jadi 514, Jubir: Pasien Positif Corona dengan Gejala Ringan Tak Perlu ke RS

"Kriteria kedua adalah petugas kesehatan dan kriteria ketiga adalah warga yang profesinya banyak berinteraksi dengan masyarakat seperti lurah, camat, kiai, ulama,"  tambahnya.

Kang Emil sapaan akrabnya menyampaikan bahwa metode rapid test memiliki akurasi 95 persen. Hasilnya dapat diketahui dalam waktu 10 menit.  Warga yang dinyatakan positif dari hasil rapid test akan dites kembali dengan metode PCR dan apabila hasilnya positif akan dibawa ke rumah sakit.

Desak Jokowi Terapkan Lockdown, IDI: Kalau Alergi dengan Lockdown, Ganti Saja Istilah Lain

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati