logo


Bertambah Jadi 514, Jubir: Pasien Positif Corona dengan Gejala Ringan Tak Perlu ke RS

Pasien positif corona dengan gejala ringan tidak perlu ke rumah sakit

22 Maret 2020 18:10 WIB

Achmad Yurianto
Achmad Yurianto Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah terus mengumumkan perkembangan pasien positif corona di Indonesia. Sampai hari ini Minggu (22/3/2020), tercatat ada 514 kasus positif corona. Banyaknya pasien yang terinfeksi corona membuat rumah sakit menjadi sesak, belum lagi ditambah dengan pasien dalam pengawasan (PDP).

Juru bicara penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengimbau kepada pasien positif corona yang memiliki gejala ringan agar isolasi di rumah saja tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Hal tersebut agar rumah sakit bisa maksimal dalam penanganan pasien dengan gejala sedang dan berat.

"Kalau kita lihat dan teliti dengan baik sebenarnya banyak diantara mereka tidak perlu ke rumah sakit. Karena positif dengan keluhan ringan sebenarnya cukup dengan isolasi diri," kata Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Minggu (22/3/2020).


4 Tower Wisma Atlet Jadi RS Darurat Covid-19, Begini Pembagiannya

Yurianto menambahkan meskipun mengisolasi diri di rumah, semua anggota keluarga harus mendukung. Tidak menggunakan alat makan dan alat mandi secara bersamaan dan tetap menjaga jarak.

"Sehingga hanya kasus sedang berat dengan komplikasi dengan berat ini saja lah kita kirim ke rumah sakit dengan peralatan yang canggih. Kita harus selektif untuk memanfaatkan rumah sakit yang ada," pungkasnya.

Perhatian Khusus Pada Lansia dari Ancaman Virus Covid-19, Lansia Lebih Terancam dari Balita

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati