logo


Wisma Atlet Siap Jadi RS Darurat Covid-19, Menteri Basuki: Besok Senin Mulai Operasionalnya

Persiapan Wisma Atlet menjadi RS Darurat sudah 100 persen

22 Maret 2020 15:33 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Penanganan COVID-19, Minggu (22/3/2020).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Penanganan COVID-19, Minggu (22/3/2020). Kementrian PUPR

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta siap digunakan sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan COVID-19. Ia mengatakan bahwa perbaikan dan persiapan Wisma Atlet sudah mencapai 100%.

"Ada tiga komponen pekerjaan yang dilakukan. Pertama pembersihan ruangan karena sudah lama tidak dipakai, termasuk penyemprotan disinfektan kemarin sore, 100% sudah selesai. Kemudian modifikasi perbaikan sedikit di lantai 1,2, dan 3 pada tower 7 yang akan dimanfaatkan sebagai RS Darurat dilengkapi dengan ruang laboratorium, farmasi, radiologi, dan ICU semua sudah siap 100%," kata Menteri Basuki usai meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Penanganan COVID-19, Minggu (22/3/2020).

"Siang ini akan diinstal semua peralatan medis portabel, insyaAllah malam ini sudah selesai semua. Selanjutnya kita bisa lakukan gladi resik untuk protokol pengaturan lalu lintas orang, sehingga pasien dan petugas tidak boleh berpapasan. Besok Senin (23/3/2020), InsyaAllah kita akan mulai operasionalnya," ujar Menteri Basuki.


Kritik Risma Soal Zona Merah, Roy Suryo: Bu Cantik, Tak Sepantasnya Dibuat Candaan

Menteri Basuki juga meyampaikan bahwa penggunaan Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat membutuhkan sinergi pemerintah. Prtokol terkait pelayanan kesehatan diatur oleh Kemeterian Kesehatan, sementara operasionalnya dibantu oleh TNI, Kepolisian, dan relawan, di bawah komando dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Sedangkan untuk bantuan alat-alat kesehatan akan dikoordinir oleh Kementerian BUMN. Jadi ini adalah bentuk sinergi Pemerintah untuk penanganan COVID-19," ujarnya.

Fadli Zon Bocorkan Harga Rapid Test dari China, Ternyata Segini Harganya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati