logo


Amankah Berenang saat Wabah Virus Corona?

"Berenang dalam masa persebaran virus seperti ini umumnya aman untuk dilakukan. Campuran air dan klorin yang terkandung di dalam air kolam renang dapat membunuh virus tersebut," jelas Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG)

21 Maret 2020 15:00 WIB

Berenang
Berenang Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selama menjalani masa 'karantina', tentunya banyak orang ingin mencari kegiatan yang seru namun masih aman untuk dilakukan ditengah wabah virus Covid-19. Salah satunya adalah berenang.

Namun, benarkah berenang aman dilakukan di tengah penyebaran virus Corona seperti saat ini?

Menurut para ahli, bahan-bahan kimia yang dicampurkan kedalam air di kolam renang, seperti klorin, cukup untuk membunuh semua jenis virus.


Korupsi Saat Wabah Corona, Ketua KPK: Ancaman Hukumannya Pidana Mati

Hal tersebut juga telah mendapat pengakuan dari lembaga kesehatan tertinggi dunia, WHO. Organisasi kesehatan dunia tersebut menyatakan bahwa klorinasi 15 mg per liter sudah cukup untuk membasmi segala jenis virus dan bakteri.

Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG) juga menyatakan berenang di kolam renang yang airnya sudah diklorinasi umumnya aman.

"Berenang dalam masa persebaran virus seperti ini umumnya aman untuk dilakukan. Campuran air dan klorin yang terkandung di dalam air kolam renang dapat membunuh virus tersebut," jelas PWTAG dilansir dari The Sun melalui Antara pada Sabtu (21/3).

Kendati demikian, tetap saja sebaiknya kita tetap mematuhi anjuran dari pemerintah untuk menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain, khususnya di tempat-tempat umum demi kebaikan kita bersama.

Mulai Senin, 2.400 Kamar di Wisma Atlet Kemayoran Siap Tampung Pasien Corona

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia