logo


Soroti Sikap Pemerintah Terkait Corona, LIPI: Semua Kebijakan Itu Serba Campur Aduk

Wasisto menyoroti tidak adanya ukuran yang jelas kapan kebijakan ini berlaku atau ditambah levelnya

21 Maret 2020 06:33 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati menyoroti kebijakan pemerintah dalam merespons penyebaran virus corona. Menurutnya, tak ada kejelasan mengenai pemberlakuan kebijakan dalam menghadapi Covid-19.

"Masalahnya di Indonesia adalah, semua kebijakan itu serba campur aduk. Tidak ada semacam ukuran yang jelas kapan kebijakan ini berlaku atau ditambah levelnya. Hal lain yang saya soroti adalah tidak adanya layanan informasi kesehatan jelas di Tanah Air," kata Wasisto, seperti dilansir dari Tagar, Sabtu (21/3).

Wasisto juga menilai Pemerintah pusat dan daerah tidak responsif dalam menghadapi bencana nasional non-alam tersebut.


Genjot Daya Beli Masyarakat saat Pandemi COVID-19, Kementerian PUPR Percepat Realisasi Program Padat Karya 2020

"Yang saya sesalkan itu ya respons dan perspektif Pemerintah Pusat dan daerah yang tidak segera tanggap soal bencana. Mungkin karena selama ini kita terbiasa dengan penanganan bencana alam, jadi belum punya cukup perspektif soal bencana tak tampak seperti sekarang," ujarnya.

Hingga saat ini, pemerintah mengungkapkan jumlah pasien positif terinfeksi virus Covid-19 di Indonesia mencapai 369 orang, dengan rincian 32 orang meninggal dunia dan 17 orang dinyatakan sembuh.

Jokowi dan Anies Tangani Corona, Pengamat: Ada Semacam Kompetisi Antar Keduanya

Halaman: 
Penulis : Iskandar