logo


Pernyataan Luhut Soal 49 TKA China Disebut Bikin Gaduh dan Aneh

Jokowi diminta menertibkan kabinetnya

20 Maret 2020 18:45 WIB

Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan BeritaCAS

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR, Muhammad Nasir Djamil meminta pimpinan DPR RI agar memanggil Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar untuk dimintai keterangan soal pernyataannya tentang TKA asal China yang tiba di Kendari tanpa melakukan proses karantina selama 14 hari terlebih dahulu.

Nasir menilai pernyataan Luhut telah membuat masyarakat bingung dan gaduh antara anggota kabinet.

“Kegaduhan itu seharusnya tidak terjadi jika semua pihak memahami soal aturan keluar masuknya orang ke Indonesia yang sudah diatur melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Dalam Upaya Pencegahan Masuknya Virus Corona,” ujar Nasir di Jakarta, Jumat (20/3/2020).


Komisi III DPR Kritik Keras Luhut yang Anggap 49 TKA Asal China Tak Bermasalah Ijin Kerja

Dalam hal ini, Nasir menilai sikap Luhut sangat aneh, pasalnya dia masih mau pasang badan untuk melawan pihak-pihak, termasuk anggota dan kebijakan Presiden soal ancaman virus corona dari TKA asal Tiongkok dan negara lainnya yang termuat dalam Kepres No. 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Sikap tersebut menimbulkan pertanyaan, ada apa? padahal, kemenaker menyebutkan bahwa kedatangan TKA asal Tiongkok itu ilegal,” tuturnya.

Nasir menambahkan semua anggota kabinet seharusnya memiliki sensitifitas dan cara pikir yang sama bahwa virus corona telah mengancam Indonesia.

“Untuk itu saya meminta Presiden segera menertibkan semua anggota kabinetnya agar lebih banyak bekerja ketimbang bicara,” pungkasnya.

Liburan ke Eropa Saat Mewabah Corona, PDIP Ingatkan Krisdayanti

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata