logo


AHY Sebut Virus Corona Berpotensi Porak-porandakan Indonesia

"Hal ini sangat berbahaya, menghantui keselamatan jiwa manusia dan berpotensi memorak-porandakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Agus Harimurti Yudhoyono

20 Maret 2020 17:17 WIB

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut wabah virus corona (Covid-19) berpotensi memorak-porandakan Indonesia jika Pemerintah tidak menanganinya dengan baik.

"Hal ini sangat berbahaya, menghantui keselamatan jiwa manusia dan berpotensi memorak-porandakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya fondasi sosial-ekonomi kita," kata AHY dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (20/3).

AHY menyebut pemerintah perlu memberlakukan beberapa opsi kebijakan, salah satunya dengan memberlakukan kebijakan lockdown atau pembatasan mobilisasi warga dari satu wilayah ke wilayah lain, menyusul hingga saat ini angka kasus positif terinfeksi COVID-19 sudah menembus 300 kasus.


6 Artis Ini Bantu Lawan Corona, Ada Barbie Kumalasari dan Uya Kuya

"Dengan sementara membatasi pergerakan manusia dan menutup arus manusia keluar dan kedalam sebuah wilayah dan dengan tetap menjaga kelancaran arus barang, terutama bahan-bahan pokok, maka diharapkan bisa meminimalisir menyebarnya virus Corona," tutur AHY.

Selain itu, AHY juga memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk segera mungkin menggelar rapid test secara massal. Dia juga meminta pemerintah untuk mengalokasikan anggaran untuk penanganan corona, khususnya bagi para pekerja yang penghasilannya terancam.

"Kepada kelompok yang paling rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis corona ini, perlu diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau program jaring pengaman sosial lainnya," ucap AHY.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kerja sama dalam melawan virus Corona yang ia sebut sebagai musuh yang kuat.

"Saya menganalogikan virus corona sebagai musuh yang kuat dalam sebuah perang semesta, 'Total War'. Untuk bisa mengalahkan musuh, dan akhirnya memenangkan perang semesta tersebut, maka dibutuhkan strategi dan taktik yang jitu serta dukungan yang kuat," ucap dia.

Hadapi Wabah Covid-19, Pertamina Sediakan Hand Sanitizer di SPBU

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia