logo


Cegah Corona, 5 Kiat Sederhana Ini Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Simak ulasan selengkapnya

20 Maret 2020 17:00 WIB

Foto ilustrasi.
Foto ilustrasi. Dok. Bodyhealthinfo.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Merebaknya virus corona di sejumlah negara, termasuk Indonesia membuat kita perlu meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari terpaan pandemi global tersebut. Covid-19 sendiri menyerang sistem kekebalan tubuh yang rentan.

Oleh karena itu, kami merangkum berbagai kiat sederahana untuk memperkuat imun agar tak mudah terjangkit virus, khususnya corona:

1. Mengatur pola makan


Lawan Virus Corona, Warga Kelapa Gading Barat Gotong Royong Semprotkan Disinfektan

Makan teratur mampu meningkatkan sistem imunitas karena asupan vitamin mineral dalam makanan bisa memperbarui kondisi tubuh. Selain itu, pemilihan makanan yang dikonsumsi juga sangat penting. Pastikan makanan mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, serta nutrisi lainnya.

2. Mengkonsumsi sayur dan buah

Makanan berupa sayur dan buah dapat membantu menjaga serta meningkatkan sistem imunitas tubuh lantaran mengandung vitamin dan mineral yang mampu melawan virus yang menyebabkan penyakit. Usahakan konsumsi sayur setiap makan siang dan malam, sedangkan buah saat sarapan.

3. Memenuhi cairan tubuh

Cairan tubuh dapat terpenuhi dengan cara meminum air putih. Air mampu membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh sehingga sistem organ menjadi lancar serta membersihkan racun berbahaya. Konsumsilah air minimal delapan gelas per harinya supaya cairan tubuh terjaga.

4. Berolahraga rutin

Olahraga secara rutin dan teratur mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sebab, kegiatan menyehatkan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Disarankan menjalani olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, dan lompat tali dalam durasi 30 menit.

5. Istirahat yang cukup

Melakukan istirahat yang cukup dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh karena banyaknya antobodi yang dihasilkan. Cukupi kebutuhan waktu tidur sesuai dengan usia. Idealnya 7-8 jam dalam setiap harinya untuk orang dewasa.

Selain Lockdown, AHY Minta Pemerintah Lakukan 5 Hal ini, Apa Saja?

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×