logo


Selain Lockdown, AHY Minta Pemerintah Lakukan 5 Hal ini, Apa Saja?

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyarankan pemerintah untuk memberlakukan sejumlah kebijakan terkait wabah COVID-19

20 Maret 2020 15:46 WIB

Agus Harimurti Yudhoyono.
Agus Harimurti Yudhoyono. Instagram @agusyudhoyono

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Demokrat menyarankan pemerintah Indonesia untuk segera memberlakukan kebijakan lockdown atau penguncian semua wilayah untuk meminimalisir dan menekan jumlah kasus positif virus corona Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, melalui pernyataan pers pada Jumat (20/3).

Selain lockdown, Partai Demokrat juga menyarankan 5 hal lain untuk segera dilakukan oleh pemerintah terkait wabah COVID-19, yakni :


Lawan Virus Corona, Warga Kelapa Gading Barat Gotong Royong Semprotkan Disinfektan

1. Melakukan lockdown dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi corona, sampai dianggap aman untuk dibuka kembali.

2. Melakukan upaya penghentian penyebaran virus corona di seluruh Indonesia secara intensif, masif dan terkoordinasi.

3. Melakukan relokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan dalam operasi penanggulangan virus corona, tertama untuk fasilitas kesehatan.

4. Memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang sangat terpuruk dalam krisis ini.

5. Merumuskan dan menjalankan kebijakan (policy response) serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini.

6. Melakukan kerja sama dengan negara lain diantaranya untuk pengadaan alat kesehatan, khususnya test kit, agar vaksin anti-virus corona bisa ditemukan dan diproduksi dengan segera.

Kendati demikian, Partai Demokrat juga meminta pemerintah untuk memastikan bahwa pasokan logistik terutama kebutuhan pokok dapat diditribusikan dengan lancar.

 

Desak Pemerintah Terapkan Lockdown, Demokrat: Keselamatan Masyarakat Adalah yang Utama

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia