logo


Imbau Masyarakat Tetap Ibadah di Masjid, PWNU Jatim: Jangan Takut pada Corona, Takutlah pada Allah

Kiai Marzuqi meluruskan fatwa MUI No 14 Tahun 2020, Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Menurutnya, imbauan itu diperuntukan bagi daerah rawan yang ditetapkan oleh pemerintah

19 Maret 2020 10:30 WIB

Umat Islam melaksanakan salat Jumat saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).
Umat Islam melaksanakan salat Jumat saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12). Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar meminta umat muslim tetap melakukan ibadah di masjid di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Meski pemerintah sudah mengimbau untuk beribadah di rumah, ia mengharapkan masyarakat tak terlalu khawatir.

"Khususnya warga NU Jawa Timur Jumatan adalah wajib. Jadi tetap harus dijalankan juga ibadah lainnya. Selama mal dan tempat karaoke buka, maka ibadah di masjid tetap wajib dijalankan," kata Kiai Marzuqi, seperti dikutip dari Tagar pada Kamis (19/3).

Kiai Marzuqi juga meluruskan fatwa MUI No 14 Tahun 2020, Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19, yang tengah menjadi polemik di masyarakat. Menurutnya, imbauan itu diperuntukan bagi daerah rawan yang ditetapkan oleh pemerintah.


Sentil Gatot Soal Memakmurkan Masjid, HNW: Bukan Phobia Masjid, Gereja Juga Ditutup

"Fatwa MUI itu, merujuk untuk wilayah yang sudah dikatakan rawan, rawan itu ketentuannya harus berdasarkan data yang disampaikan oleh otoritas," jelasnya.

Dia mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir selama mereka bisa memilih tempat ibadah yang dirasa aman dan tidak ada orang yang terpapar virus corona.

"Sekiranya masyarakat tau dan masyarakat setempat tidak khawatir, maka wajib ibadah seperti biasanya, ndak usah panik," ujarnya

Lebih dari itu, PWNU menjamin situasi Jawa Timur saat ini aman. "Jangan takut pada corona, takutlah pada Allah. Sesungguhnya virus ini ciptaan Allah jadi sudah ada obatnya," lanjut Kiai Marzuqi.

Klaim Bisa Tangkal Corona, Ini Makanan dan Minuman yang Dianjurkan Ningsih Tinampi

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×