logo


Pemerintah China Sebut Obat Flu Buatan Jepang Efektif Obati COVID-19

"Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam pengobatan," kata Zhang Xinmin, direktur Pusat Nasional Cina untuk Pengembangan Bioteknologi

18 Maret 2020 19:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Cina pada Selasa (17/3) kemarin telah menyatakan bahwa obat flu yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Fujifilm Holdings, efektif dalam melawan virus corona COVID-19. Pemerintah Cina sendiri berencana untuk secara resmi menyarankan penggunaan obat itu untuk penanganan pasien positif covid-19.

"Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam pengobatan," kata Direktur Pusat Nasional Cina untuk Pengembangan Bioteknologi, Zhang Xinmin, dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip Nikkei melalui Tempo.co pada Rabu (18/3).

Sejak 2014 lalu, Fujifilm Toyoma Chemical telah mengembangkan favipiravir yang dijual dengan merek Avigan. Obat tersebut telah diberikan kepada pasien covid-19 di Jepang sejak Februari.


Sri Mulyani Minta BPJS Kesehatan Ikut Tanggung Pasien COVID-19

Perusahaan farmasi Zhejiang Hisun Pharmaceutical pada 2016 telah menandatangani perjanjian lisensi paten untuk favipiravir dengan Fujifilm dan menerima izin untuk memproduksi obat dari pemerintah Cina pada bulan Februari 2020.

Uji klinis juga telah dilakukan di rumah sakit di Kota Wuhan dan Shenzhen, dengan melibatkan 200 pasien. Kondisi pasien setelah diberikan obat barangsur membaik dalam waktu yang lebih cepat dan hasil tes COVID-19 berubah menjadi negatif.

Cegah COVID-19, Pemkab Bogor Kembali Berlakukan Absensi Manual

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×