logo


Wabah Covid-19, Bamsoet: Kesadaran Masyarakat Menjadi Kunci Utama

Bamsoet menyebut masyarakat harus gotong royong dalam menghadapi wabah virus corona

17 Maret 2020 20:00 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. Jitunews/Bayu Erlangga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menegaskan ditengah keprihatinan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dengan merebaknya virus Covid-19, baik di tingkat nasional maupun global, semua pihak wajib bekerja bersama, bahu-membahu melawan penyebaran virus tersebut. Serta mendukung kebijakan dan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam kerangka meminimalisir dan menekan persebarannya di tanah air.

"Dari berbagai elemen, media massa punya peran yang sangat vital dalam mengedukasi masyarakat sehingga tidak terjebak dalam hoaks dan kepanikan,” ujar Bamsoet saat mengisi diskusi publik di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, lSelasa (17/3/20).

“Ingat, kita memang perlu mengantisipasi, namun bukan berarti dengan menghalalkan segala cara. Apalagi sampai menimbun dan berperan sebagai tengkulak masker yang membuat susah rakyat. Tindakan tersebut tak mencerminkan sikap Pancasila," imbuhnya.


Bukan Virus Corona, Ini Wabah Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Politisi Partai Golkar ini juga mengingatkan masyarakat yang mendapat kewajiban bekerja dari rumah (work from home), agar tak menyalahgunakannya menjadi liburan.

Menurutnya sangat ironis jika ditengah upaya pemerintah dan pelaku usaha meminimalisir pergerakan orang dengan memberlakukan work from home sebagai upaya menekan penyebaran virus Covid-19, warganya malah menyalahgunakannya dengan mengunjungi pusat hiburan dan keramaian.

"Kesadaran masyarakat menjadi kunci utama. Jika masyarakat abai, penyebaran virus Covid-19 akan semakin masif. Kita tak tahu apakah sedang tertular virus Covid-19 atau tidak. Bisa jadi mungkin saat ini seseorang terlihat sehat, tapi dia sedang dalam masa inkubasi virus. Karena bepergian, akhirnya ia menularkan ke orang lain,” kata Bamsoet.

“Tundalah dulu berbagai agenda pertemuan yang tak terlalu penting. Jangan ego pribadi serta ulah segelintir orang, menjadi wabah bagi orang lainnya," tandasnya.

Fadli Zon: Indonesia Seolah Tanpa Pemimpin Hadapi Wabah Corona

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata