logo


Tak Perlu Takut dengan Corona, Begini Tips Aman Berbelanja di Pasar

Tips Berbelanja di Pasar

17 Maret 2020 08:00 WIB

Ilustrasi pedagang di pasar.
Ilustrasi pedagang di pasar. Ngadri

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Banyak orang yang takut keluar rumah karena adanya virus corona. Padahal di sisi lain kita harus memenuhi kebutuhan sehari-hari. Persedian bahan makanan yang kian menepis bukan berarti kita harus borong bahan makanan. Kita tetap bisa pergi ke pasar seperti biasa tanpa harus memborong. Namun ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar bisa berbelanja di pasar dengan aman.

1. Pakai sarung tangan dan masker

Memakai sarung tangan dan memakai masker saat membeli barang di pasar sangat dianjurkan. Pasalnya di pasar kita berinteraksi dengan banyak orang dan barang-barang yang juga sudah disentuh oleh orang lain.


HIPMI Solo Gaungkan Gerakan Belanja di Pasar Tradisional

2. Tidak memegang wajah

Meskipun sudah membersihkan tangan dari sabun atau handsanitizer. Namun kita tidak disarankan memegang wajah dengan tangan terutama mulut, hidung dan mata. Pasalnya bagian tersebut adalah bagian yang digunakan virus untuk menularinya.

3. Lepas sarung tangan dan masker begitu sampai rumah

Sarung tangan dan masker yang sudah digunakan segera dilepas dan dibuang ke tempat sampah. Hal tersebut karena sarung tangan dan masker sudah terpapar bakteri dan virus selama di pasar.

4. Cuci tangan setelah memegang belanjaan

Kita wajib mencuci tangan setelah dari pasar apalagi setelah kita memegang belanjaan. Kita bisa mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer.

5. Buat Daftar Belanja

Sebelum berbelanja ke pasar sebaiknya kita melihat terlebih dahulu persediaan yang telah habis. Kita bisa membuat daftar belanja sesuai kebutuhan kita. Hal tersebut bisa menghemat waktu kita di pasar karena tidak terlalu lama memilih. Kita sudah fokus denga barang yang akan kita beli. Selain itu, membuat daftar belanja sesuai kebutuhan akan menghindarkan kita dari panic buying. Oleh karena itu kita tidak pelu memborong bahan makanan.

Layanan Belanja dari Rumah untuk Mendukung Social Distancing di Kota Solo

Halaman: 
 
×
×