logo


Minimalisir Penyebaran COVID-19, Puan Dukung Penerapan Sistem Isolasi Terbatas dan Karantina Wilayah

"DPR mendukung sistem penanggulangan covid-19 dengan menerapkan sistem isolasi terbatas dan karantina wilayah," kata Puan Maharani

16 Maret 2020 16:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung sistem penanganan wabah virus corona (covid-19) dengan memberlakukan isolasi terbatas dan karantina wilayah berdasar atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 terkait Kekarantinaan Kesehatan.

Puan menilai implementasi kebijakan itu dapat berupa menutup sekolah dan menggantinya dengan sistem belajar berbasis online, meminta masyarakat untuk membatasi kegiatan atau pertemuan yang melibatkan massa dalam jumlah banyak, menyarankan masyarakat untuk bekerja secara remote dari rumah, hingga pembatasan sosial atau social distancing.

"DPR mendukung sistem penanggulangan covid-19 dengan menerapkan sistem isolasi terbatas dan karantina wilayah," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/3).


DPR Minta Pemerintah Kaji Ulang Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020

Oleh karena itu, DPR meminta pemerintah dan masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan langkah tersebut agar penyebaran wabah dapat diminimalisir.

"Pemerintah melalui BNPB juga harus memperkuat partisipasi masyarakat dan swasta dalam penanganan virus corona," ujarnya.

Aliansi Buruh Klaim Omnibus Law Jauh Lebih Bahaya daripada COVID-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia