logo


Ketua DPR Minta Pemerintah Optimalkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

DPR mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non-alam

16 Maret 2020 13:09 WIB

Puan Maharani
Puan Maharani Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah mengoptimalkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menjalankan fungsi terpadu dan terintegrasi dalam penanganan wabah Corona di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurutnya langkah terpadu dan terintegrasi itu meliputi sosialisasi, deteksi dini, penanganan pasien, penanganan dampak dan rehabilitasi sesuai pedoman penanganan protokol WHO dalam hal pencegahan pandemik Corona.

“Pemerintah melalui BNPB juga harus memperkuat partisipasi masyarakat dan swasta dalam penanganan wabah Corona,” ujar Puan di Jakarta, Senin (16/4/2020).


Begini Cara Kemenperin Cegah Penyebaran Covid-19

Dalam hal ini, Puan mengatakan bahwa DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non-alam sehingga respon atas peristiwa ini menggunakan langkah-langkah tanggap darurat bencana nasional yang dikoordinir oleh BNPB .

Dia berpendapat agar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 segera mengumumkan langkah-langkah penanganan wabah Corona secara transparan kepada masyarakat, termasuk langkah-langkah kongkret bagaimana mencegah meluasnya penyebaran pageblug (wabah) pandemi Corona.

“Gugus Tugas juga harus menjadi representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat disertai langkah-langkah konkret sosialisiasi, edukasi, mitigasi, tanggap darurat dan pembatasan sosial untuk kepentingan penanganan wabah Corona,” pungkasnya.

Corona Corona Corona Sudah di Ujung Jari-jemari Kita

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata