logo


Stok Bahan Pangan Masih Aman Hingga Agustus, Menteri Pertanian Minta Jangan Ada Lonjakan Harga

"Ayo kita berkorbanlah buat bangsa. Kita bersama dan jaga tidak terjadi lonjakan harga. Data kami stok masih cukup bahkan hingga Agustus," tegas Mentan Syahrul Yasin Limpo

13 Maret 2020 17:00 WIB

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Doc Kementan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan arahan kepada jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk bersiap dalam menghadapi peningkatan permintaan kebutuhan pangan menjelang bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2020.

"Saya minta kita kalian tentukan objek masalah di suatu daerah agar bisa memberi kontribusi lebih terhadap pangan rakyat. Karena itu, kita perlu menentukan metodelogi yang benar agar pasar berjalan dengan baik," ujar Mentan saat menghadiri rapat Koordinasi Ketersediaan Komoditas Hortikultura Strategis 2020 di Ditjen Horti, Pasar Minggu, Jumat (13/3)

"Untuk itu, kepada champion cabai, champion pedagang bawang merah dan pelaku pembangunan pertanian saya berharap selama dua bulan ke depan kita korbankan kepentingan kita untuk rakyat Indonesia. Kita harus penuhi dulu kebutuhan perut rakyat," katanya.


Jelang Bulan Puasa, Jokowi Perintahkan Mendag Amankan Stok Sembako

Ia menyebut jika jumlah ketersediaan cadangan bahan pangan masih mencukupi hingga bulan Agustus 2020 mendatang. Sehingga lonjakan harga yang signifikan dapat dicegah.

"Ayo kita berkorbanlah buat bangsa. Kita bersama dan jaga tidak terjadi lonjakan harga. Data kami stok masih cukup bahkan hingga Agustus," tegas Mentan.

"Jadi tidak perlu ragu berlebih dalam menghadapi hari raya. Bawang merah saya jamin, cabai saya jamin dan bawang putih Insya Allah tidak bersoal. Hari ini saya mau melihat bahwa Indonesia tidak goyang dengan krisis apapun. Intinya bulan Ramadhan ini, selain kita beramal, kita harus menjamin ketersediaan rakyat aman," katanya.

 

Stok Bahan Pangan Masih Cukup Hingga Lebaran, Kadin: Tak Perlu Memborong Berlebihan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×