logo


Dituding AS Lamban Tangani Corona, China: Kami Berharap Mereka Tak Mengalihkan Kesalahan

juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang berharap pejabat AS lebih memusatkan energi untuk menangani virus Corona daripada melimpahkan kesalahan

13 Maret 2020 07:54 WIB

The Straits Times

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang memberi tanggapan terhadap pernyataan penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien yang menyebut China lamban menanggapi kemunculan awal virus Corona.

Menurutnya, tak seharusnya melimpahkan kesalahan di saat dunia tengah genting akibat penyebaran virus tersebut.

"Kami berharap beberapa pejabat di AS lebih memusatkan energi mereka untuk menangani virus dan mempromosikan kerja sama, dan tidak mengalihkan kesalahan ke China," ujar Geng dalam konferensi pers di Beijing, dikutip dari Antara pada Jumat (13/3).


Corona Melanda Arab Saudi, Begini Kondisi Rizieq Shihab

Pemerintah China yakin langkah tegas yang diambil pada Januari dan Februari 2020, termasuk penutupan hampir total Hubei, dapat mencegah wabah menyebar di kota-kota lain di China serta memperkecil kemungkinan penyebarannya ke luar negeri.

Sebelumnya, pada Rabu (11/3/2020), penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien menuding China lamban menanggapi kemunculan awal virus corona, dan mengatakan kemungkinan dunia membutuhkan waktu dua bulan jika negara itu siap menghadapi pandemi tersebut.

Terkait Penanganan Corona, DPR Minta Jokowi Siapkan Modul Standar

Halaman: 
Penulis : Iskandar