logo


Jusuf Kalla Peringatkan Dampak Virus Corona Jauh Lebih Dahsyat dari Perang Dagang

"Karena itu pre-emptive-nya harus disiapkan dari sekarang, karena itu semua tempat keramaian harus bersih, steril," kata Jusuf Kalla

12 Maret 2020 17:00 WIB

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyebut dampak ekonomi dari virus corona atau Covid-19 yang saat ini telah menyebar hampir seluruh penjuru dunia jauh lebih dahsyat dari perang dagang.

"Dampak ini puluhan kali lebih hebat dari perang dagang," ujarnya di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (12/3).

Oleh karena itu, Ia meminta semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk aktif dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus tersebut.


Ungkap Skenario Terburuk Virus Corona, Anies Baswedan: Potensi Bisa 6000 Kasus

"Karena itu pre-emptive-nya harus disiapkan dari sekarang, karena itu semua tempat keramaian harus bersih, steril," imbuhnya.

Bahkan, JK menilai Indonesia perlu memberlakukan kebijakan yang membatasi mobilisasi masyarakat atau lockdown seperti yang dilakukan oleh China dan Italia. Namun, hal tersebut diperlukan sebuah kedisiplinan masyarakat dan perekonomian dalam negeri yang kuat.

"Salah satunya China berhasil memperlambat pasien karena lockdown. Tapi hanya negara disiplin yang bisa menerapkan itu. Ya kalau diinstruksikan (Indonesia) pasti bisa, tapi harus siapa ekonominya dan semuanya," jelasnya.

Jelang PON Papua, Komisi X DPR Sebut KKB dan Virus Corona Sama-sama Mematikan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia