logo


Jelang PON Papua, Komisi X DPR Sebut KKB dan Virus Corona Sama-sama Mematikan

“Kendala teknis pelan-pelan bisa disiasati, tapi ancaman terbesar justru soal wabah dan gangguan keamanan,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih

12 Maret 2020 16:15 WIB

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih.
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih meminta Pemerintah untuk menjamin keamanan dan kelancaran bagi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 (XX) di Papua pada oktober tahun ini, menyusul adanya musibah yang tengah melanda yakni wabah virus Corona dan gangguan keamanan di distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

“KKB dan Corona, dua hal berlainan jenis, tapi semuanya mematikan dan cukup mengkhawatirkan,” kata Fikri di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Dia mengatakan hambatan dalam pelaksanaan PON XX di Papua tidak hanya mencakup kendala infrastruktur ataupun hal teknis lainnya, namun justru dari isu keamanan dalam penyelenggaraan even berskala besar.


Ungkap Skenario Terburuk Virus Corona, Anies Baswedan: Potensi Bisa 6000 Kasus

“Kendala teknis pelan-pelan bisa disiasati, tapi ancaman terbesar justru soal wabah dan gangguan keamanan,” ujar dia.

Terkait Corona, meski virus yang bernama lain Covid-19 ini belum dilaporkan muncul di Papua, namun dikhawatirkan bisa mewabah karena interaksi banyak orang dari seluruh Indonesia yang hadir dalam pekan olahraga tersebut.

“PON XX ini diperkirakan akan dihadiri wakil dari 34 provinsi sebanyak 36 ribu orang atlet dan ofisial,” tuturnya.

Politisi PKS ini juga menyoroti sudah banyak event olahraga besar di beberapa negara yang harus dibatalkan karena pertimbangan wabah Covid-19.

“Pertimbangan antisipatif jadi lebih prioritas dibanding kerugian dana yang sudah disiapkan sejak jauh hari,” kata Fikri.

Namun demikian, Fikri berharap wabah Corona di tanah air segera mereda, menyusul berkurangnya aktifitas virus ini di negara asalnya, China.

“Sehingga, pada waktunya PON nanti di Papua, wabah Corona sudah benar-benar hilang,” pungkasnya.

Pemerintah Beri Diskon Tiket Pesawat dan Insentif Pariwisata, Komisi IX DPR: Tidak Ada Gunanya

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia