logo


Soal Penanganan Corona, DPR Minta Indonesia Belajar dari Italia dan Iran

Anggota Komisi IX DPR, Nabiel Harun menyebut Italia dan Iran mengarantina seluruh warganya setelah kasus kematian akibat Covid-19 meningkat

12 Maret 2020 06:29 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Anggota Komisi IX DPR, Nabiel Harun meminta Pemerintah Indonesia agar belajar penanganan virus Corona dari Italia dan Iran.

"Italia telah mengarantina lebih dari 16 juta warganya seiring dengan peningkatan kasus kematian akibat virus Covid-19. Iran, dengan persebaran kasus yang lebih luas, juga mengalami hal yang sama," kata Nabiel di Jakarta, dikutip dari Antara pada Kamis (12/3).

Nabiel menilai pemerintah seharusnya sudah bersiap melalui berbagai kebijakan perlindungan. Dia memuji Kementerian Kesehatan dan institusi di bawahnya serta Kantor Staf Presiden yang mengambil komando atas informasi perkembangan kasus Covid-19.


Buka Indocraft 2020, Teten Masduki Sebut Virus Corona Tak Terlalu Berdampak Terhadap UMKM

"Pemerintah harus mempersiapkan kebijakan dengan secepatnya mengatur institusi dan lembaga-lembaga pemerintah untuk bersiap apabila sewaktu-waktu tren virus Covid-19 semakin meningkat," ujarnya.

"Pemerintah juga harus mengawasi stok bahan pangan, sekaligus stok alat kesehatan. Jangan sampai ada yang mengambil keuntungan dari situasi krisis dengan menimbun serta menimbulkan kepanikan," lanjut dia.

Donald Trump Siap Jalani Pemeriksaan Tes Virus Corona

Halaman: 
Penulis : Iskandar