logo


Erick Thohir Pastikan Otoritas Bandara Siap Cegah Masuknya Virus Corona

"Kita coba meminimalisasi risiko dengan adanya thermal scannernya yang besar maupun kecil. Saya rasa ruang karantina juga sudah siap,” ujar Erick Thohir

11 Maret 2020 18:20 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dok. Kementerian BUMN

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, hari ini.

Dalam kesempatan ini Erick memastikan kesiapan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandar udara tersebut dalam mencegah masuknya virus Corona dari luar negeri maupun persebarannya di Indonesia.

“Kami dari Kementerian BUMN dan seluruh Kementerian yang menjadi rekan kerja, baik itu Menteri Kesehatan, TNI/Polri, maupun (Kementerian) Perhubungan mencoba menyinkronkan kebijakan terkait flow penumpang. Kita ingin pastikan mereka dijaga kesehatannya, kita tidak mau membuat panik, tapi kalau memang ada indikasi ya kita segera bantu,” ujar Erick di sela-sela kunjungan.


Pasien Covid-19 Kian Bertambah, Puan Maharani Desak Pemerintah Bentuk Satgas Virus Corona

Bandara Soekarno-Hatta terpantau memiliki pemindai suhu tubuh atau thermal scanner di terminal kedatangan Internasional. Setibanya di bandara pada pukul 09.00 WIB, Erick yang didampingi Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Anas Ma’ruf langsung mengecek kesiapan thermal scanner di area terminal tersebut.

Erick juga meninjau kesiapan alat pemeriksaan kesehatan bagi penumpang bandara, serta pelindung diri bagi tenaga kesehatan yang tersedia di ruang KKP.

“Kita lihat flow-nya dari mulai masuk Terminal Keberangkatan sampai Terminal Kedatangan. Kita coba meminimalisasi risiko dengan adanya thermal scannernya yang besar maupun kecil. Saya rasa ruang karantina juga sudah siap,” ujar Erick.

Erick menegaskan otoritas bandara harus selalu siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan munculnya kasus Corona.

Menurutnya, hal terpenting adalah memastikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin untuk menjaga agar virus Corona tidak
menyebar dan dapat diminimalisasi.

Minimalisir Penyebaran COVID-19, Anies Baswedan Minta Masyarakat Batasi Interaksi di Ruang Publik

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Tino Aditia