logo


Pasien Covid-19 Kian Bertambah, Puan Maharani Desak Pemerintah Bentuk Satgas Virus Corona

“Karena itu, tidak bisa ditunda lagi, kondisi darurat ini membutuhkan gerak cepat dari pemerintah yang terukur, terkoordinasi dan sesuai standar protokol WHO,” kata Puan Maharani

11 Maret 2020 17:30 WIB

Puan Maharani
Puan Maharani Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR Puan Maharani mendesak pemerintah untuk bergerak cepat menangani virus korona, salah satunya dengan membentuk Tim Nasional penanganan virus Corona secara terpusat mengingat jumlah pasien Covid-19 makin hari terus bertambah.

“Karena itu, tidak bisa ditunda lagi, kondisi darurat ini membutuhkan gerak cepat dari pemerintah yang terukur, terkoordinasi dan sesuai standar protokol WHO,” ujar Puan kepada wartawan, Rabu (11/3).

“Dalam operasionalnya, tim nasional ini dapat berbentuk Satuan Gugus Tugas yang bersifat lintas kementerian dan lintas daerah, sehingga upaya-upaya penanganannya terukur dan memenuhi protocol standar WHO,” katanya.


Formula E Resmi Ditunda, Anies Sebut Uang Komitmen Rp 370 M Tidak Hangus

Oleh sebab itu, DPR mendesak pemerintah meningkatkan sistem skrining (penapisan) skala besar untuk mencegah penyebaran Virus tersebut.

“Proses penapisan massif ini harus diikuti langkah-langkah isolasi yang disiplin kepada mereka yang positif Corona dengan mencegah pergerakan. Sehingga mengurangi risiko penularan lokal,” ungkapnya.

Ia juga mendesak anggota DPR dan pemerintah untuk aktif memantau dan melaporkan adanya indikasi kasus positif virus Corona.

“Termasuk para anggota DPR dan timnya diharapkan aktif memantau, mendata lalu melaporkan warga yang terindikasi gejala-gejala virus Corona kepada petugas kesehatan setempat,” ujarnya.

Tak Mau Seperti Italia, Anies Akan Perketat Virus Corona dari Awal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia