logo


5 Tempat Wisata Ekstrem di Sukabumi yang Patut Dikunjungi

Ternyata Sukabumi punya wisata ekstrem yang unik, lo. Penasaran? Cek ulasan mengenai 5 destinasi berikut ini.

12 Maret 2020 10:30 WIB

Kota Sukabumi.
Kota Sukabumi. Wikipedia

SUKABUMI, JITUNEWS.COM - Apa yang muncul di pikiran Anda ketika mendengar Sukabumi? Kota ini merupakan kota terkecil di provinsi Jawa Barat, yakni hanya seluas 48,42 km2. Walaupun terbilang kecil, ada banyak atraksi wisata yang bisa dikunjungi selama berada di kota ini. Selain itu, Anda tak perlu cemas akan tersesat selama berada di Sukabumi karena jalan-jalannya terhubung satu sama lain.

Nah, ternyata Sukabumi punya wisata ekstrem yang unik, lo. Penasaran? Cek ulasan mengenai 5 destinasi berikut ini.

1. Gua Buni Ayu


Kuntum Farmfield, Wisata Alam Seru yang Ada di Bogor

Pencinta petualangan wajib mengunjungi gua yang satu ini. Gua Buni Ayu berlokasi di desa Kerta Angsana, Purabaya, Sukabumi. Letaknya berada di lahan seluas 10 hektare dan terbentuk dari proses pengangkatan lempeng tektonik berjuta-juta tahun yang lalu. Anda bisa menjelajahi gua ini dan menikmati suasana alam yang unik. Bagian dalam gua dihiasi ornamen-ornamen khas seperti stalakmit, stalaktit, gourdam, dan draperi.

Nama gua ini berasal dari kata buni yang artinya tersembunyi dan ayu yang berarti cantik. Kawasan wisata Gua Buni Ayu menawarkan dua jenis perjalanan. Nah, bagi Anda yang menginginkan petualangan ekstrem, perjalanan bisa dilakukan lebih dari 500 meter. Pengunjung diwajibkan memakai perlengkapan seperti sarung tangan, helm, sepatu bot, rompi pengaman anti air, dan peralatan khusus untuk penjelajahan gua.

2. Sungai Citarik
Siapa yang tak kenal dengan olahraga arung jeram? Olahraga ekstrem yang satu ini sangat seru dan cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenalin. Sukabumi mempunyai destinasi wisata yang bagus untuk arung jeram, yaitu Sungai Citarik. Sungai ini memiliki pemandangan yang sangat asri dan tingkatan jeram yang cukup menantang. Kesulitannya mencapai tingkat 3 membuat arung jeram di Sungai Citarik cukup menegangkan.

3. Sungai Citatih
Berikutnya, ada Sungai Citatih yang cocok untuk pemula dalam olahraga arung jeram. Sungai Citatih memiliki 20 jeram yang membuat siapa pun merasa tertantang untuk mencobanya. Tak hanya itu, arung jeram di sungai ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Bagi pemula, pilihlah rute perjalanan terpendek, yaitu sejauh 4 km. Namun, bagi yang sudah terlatih, rute sejauh 22 km bisa menjadi pilihan.

4. Karang Daeu Ciemas
Apabila bermain ke Kecamatan Ciemas, jangan lupa untuk mampir ke Karang Daeu yang ada di Pantai Cibuti. Karang Daeu merupakan kawasan tebing yang cukup curam di dekat pesisir. Bagi yang menggemari panjat tebing, tempat wisata ini bisa dicoba. Karang Daeu memiliki ketinggian 15 meter sehingga cocok untuk pemula yang ingin menjajal panjat tebing. Tak perlu khawatir karena ada instruktur yang siap membantu dan menemani petualangan Anda.

5. Karang Para

Karang Para terletak di daerah Kebonmanggu. Gunungguruh, Sukabumi. Objek wisata ini menjadi favorit pelancong karena pemandangan alamnya yang menakjubkan. Terdapat perbukitan berbatu dan sabana yang menjadi daya tariknya. Nah, Anda dapat menguji nyali dengan menelusuri perbukitan batu Karang Para. Berhati-hatilah agar tidak tergelincir saat berjalan.

Sekian ulasan mengenai 5 tempat wisata ekstrem di Sukabumi yang patut Anda ketahui. Kunjungi tempat-tempat tersebut bersama orang-orang terdekat agar suasana lebih ramai dan seru.

Jangan lupa untuk mencari hotel di Sukabumi yang berkualitas dan sesuai bujet. Ada Airy yang menawarkan 7 jaminan kenyamanan di setiap kamar hotel. Pesan kamar sekarang juga dan nikmati segala transaksi yang bebas dari penipuan dan tidak akan mengecewakan. Yuk, berangkat ke Sukabumi!

Mengagumkan, 4 Jalan Indah Ini Ada di Indonesia!

Halaman: 
Penulis : Meiliyah
 
×
×