logo


Kampanyekan GEMARIKAN di Pondok Pesantren, KKP: Santri Harus Sadar Gizi

Pondok Pesantren sebagai basis pendidik harus sadar akan manfaat ikan

9 Maret 2020 11:02 WIB

Kampanye GEMARIKAN KKP di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah (08/03)
Kampanye GEMARIKAN KKP di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah (08/03) Dok. KKP

JAKARTA, JITUNEWS.COM - GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) terus dikampanyekan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini. Menggandeng pondok Pesantren Asshiddiqiyah KKP mengajak para santri dan alumni untuk gemar makan ikan.

Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Tb Ardi Januar mengatakan Pondok Pesantren sebagai basis pendidik harus sadar akan manfaat ikan sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas santri.

"Manfaat ikan sangat banyak apalagi untuk pondok pesantren yang santrinya dalam masa pertumbuhan," Ujar TB Ardi (TEBE) di acara silaturahmi keluarga alumni Asshiddiqiyah se-Indonesia (08/03).


Bikin Terobosan Luar Biasa, Menteri KKP Luncurkan Operasional Lembaga Pengelola Perikanan

TEBE menjelaskan ikan merupakan sumber pangan yang mudah didapat dan mengandung gizi yang baik. Hewan air ini punya kandungan gizi, mineral, nutrisi dan vitamin yang banyak manfaat bagi kesehatan dari mulai otak hingga jantung bagi yang gemar mengkonsumsinya.

"Lewat acara ini kita dorong santri agar sadar gizi melalui gemar makan ikan," imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan dan mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal. Dia mencontohkan mengkonsumsi ikan dapat mencegah kelahiran bayi prematur.

Mengkonsumsi ikan juga baik mencegah resiko terkena penyakit dimensia (penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir) termasuk alzheimer (pikun). Berturut-turut dia juga menyebutkan manfaat makan ikan seperti mencegah depresi, penyakit asma, jantung, rematik, diabetes juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

"Kami menyambut baik acara ini agar kita sama-sama bisa mendorong kualitas santri dalam proses belajar," pungkasnya.

Dalam acara ini KKP membagikan paket makanan olahan berbahan baku ikan seperti ikan sarden kaleng dan makanan olahan lainnya.

Hadiri Harlah ke-35 Asshiddiqiyah, Wapres Ajak Santri Jadi Pendakwah Memperbaiki Umat

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata