logo


Masih Lapar Setelah Makan? Ini Alasannya

Pernahkah kamu merasakan kondisi seperti ini?

7 Maret 2020 12:00 WIB

Makanan Cepat Saji
Makanan Cepat Saji Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Umumnya, setelah makan akan merasakan kenyang. Tapi pernahkah kamu sudah makan tapi masih merasakan lapar padahal porsi makanmu besar?

Masih merasakan lapar setelah makan bukanlah hal yang aneh. Ada beberapa alasan kamu merasakan hal itu.

Apa saja?


Nggak Usah Panik, Berikut Tips Menghindari Penularan Virus Corona Menurut WHO

1. Gula darah menurun

kadar gula dalam darah yang menurun bisa membuat seseorang mudah merasa lapar. Namun, banyak orang yang belum sadar kalau kondisi gula darah sangat berpengaruh dengan perasaan lapar meski sudah makan berkali-kali.

2. Kurang nutrisi saat sarapan

Merasakan lapar meski sudah makan juga disebabkan kurangnya nutrisi ketika sarapan. Kondisi ini dikarenakan tidak ada nutrisi yang diserap oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi.

3. Stres atau kesepian

Merasakan stres dan kesepian secara tidak langsung berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Hal ini berpengaruh besar pada otak dan mendorongnya merasa lapar.

4. Kurang tidur

Kurang tidur akan memengaruhi dua hormon yang bertugas mengendalikan rasa lapar dan rasa kenyang. Kondisi akan membuat kesehatan memburuk jika terus menerus kurang tidur.

5. Kurang minum air putih

Kurang air putih juga bisa meningkatkan rasa lapar. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka akan terasa lemah. Dehidrasi sendiri bisa meningkatkan risiko stres, deperesi atau kecemasan yang bisa membuatmu lapar.

Suka Makan Buah Pir? Ini Efek yang Kamu Dapat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata