logo


Pesan Mahfud kepada Pendakwah: Kalau Ceramah Jangan Menimbulkan Ketegangan

Mahfud MD khawatir orang yang masih rendah pemahaman agamanya menjadi terpengaruh

6 Maret 2020 11:15 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud MD mengimbau kepada para pendakwah agar tak menyuguhkan konten yang berpotensi menimbulkan ketegangan dan ketakutan masyarakat.

"Saudara, kalau berceramah juga jangan menimbulkan ketegangan dan nakut-nakuti. TV itu yang nonton banyak lho," kata Mahfud saat berbicara di hadapan puluhan dai dalam acara Standarisasi Kompetensi Dai yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Kantor Pusat MUI, Jakarta, Kamis (5/3).

Menurut Mahfud, masih banyak temuan konten dakwah yang menjadi momok bagi masyarakat. Ia menilai dakwah berisi ketakutan dapat memunculkan paham-paham radikalisme.


Sindir Program Acara Religi di TV, Mahfud MD: Alquran Dijadikan Dagelan, dan Itu Bertahun-tahun

"Dan orang yang masih rendah pemahaman agamanya menjadi terpengaruh. Itulah yang kemudian menimbulkan ekstremisme, radikalisme, ditakut-takuti tanpa dasar yang kuat," jelasnya.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu kemduian menyarankan para pendakwah menyisipkan konten-konten humor. Dengan catatan, konten humor tersebut tetap tunduk pada norma-norma keagamaan maupun kesopanan.

Soal Corona, Jokowi: Sebetulnya Musuh Terbesar Saat Ini Bukan Virus Itu Sendiri

Halaman: 
Penulis : Iskandar