logo


Cara Jitu Hilangkan Lumut Bandel di Kolam Lele dengan Kalsit

cara mudah menghilangkan lumut pada kolam ikan

4 Maret 2020 16:34 WIB


Selain bagus untuk menghambat pertumbuhan lumut, paranet juga melindungi ikan dikala matahari terlalu terik. Minimal pemasangan paranet 1 meter diatas bibir kolam, yang lebih baik paranet dipasang permanen sekitar 3 meter dari lantai.

2. Penggunaan obat

Obat penghambat pertumbuhan lumut banyak dijual dipasaran. Bisa dikatakan aman, jika penggunaan obat ini sesuai anjuran. Untuk menggunakan obat penghambat lumut ini, biasanya dilakukan sebelum penebaran bibit/larva. Obat akan dituangkan ke kolam, setelah minimal 1 hari air diganti dan siap digunakan untuk pembibitan.


Bioflok untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan

3. Pengurasan

Pengurasan berlaka merupakan cara paling aman untuk kesehatan bibit ikan lele. Kolam harusnya di kuras minimal 4 hari sekali untuk mencegah lumut yang semakin membandel. Jika hanya dalam 7 hari kolam tidak dikuras, maka lumut akan semakin susah dilihangkan.

4. Pemakaian terpal berwarna gelap

Kolam terpal menjadi primadona dalam budidaya ikal lele. Hal itu dikarenakan mudah, murah dan awet pemakaian. Beberapa produk terpal bisa awet hingga 5 tahun dengan perawatan yang benar.

Agar kolam terpal minim dari lumut, lebih baik menggunakan terpal berwarna gelap. Di pasaran kolam terpal ada 2 warna, oranye dan biru. Masing-masing warna punya kelebihan dan kekurangan. Warna kuning bagus untuk perutmbuhan ikan sehingga dianjurkan untuk minimal ikan ukur 5, sedangkan terpal warna biru lebih menghambat pertumbuhan lumut dan dianjurkan untuk umur larva lele hingga ukur 5.

Namun jika beberapa cara pencegahan sudah ditepuh tapi lumut masih susah dihilangkan pastinya harus ada perlakua khusus. Aktivitas ini bagus dilakukan setelah masa pemindahan bibit lele ukur 5 ke kolam yang lain.

Cara menghilangkan lumut tersebut menggunakan kapur atau gamping atau bisa juga kalsit yang mudah ditemukan di toko bangunan. Berikut langkah membersihkan kolam lele yang banyak lumutnya.

1. Masukkan kapur/gamping/kalsit ke kolam

Untuk kolam bundar berdiameter 3 atau kolam 3x3 meter dibutuhkan palaing tidak 1 sak kalsit. Caranya kolam di isi air dengan ketinggian 20 Cm hinga 60 Cm lalu dimasukkan 1 sak kalsit, ratakan di permukaan kolam. Setelah itu diamkan semalaman.

2. Gosok menggunakan sikat

Setelah semalaman didiamkan, gosok permukaan kolam dengan sikat. Gunakanlah sikat yang biasa untuk membersihkan lantai kamar mandi. Gosok kolam terpal secara kuat sampai lumut hillang. Setelah selesai digosok buang air kolam yang masih mengandung kapur ini.

3. Bilas dengan air

Setelah menggosok dengan sikat kamar mandi, langkah terakhir membilas dengan air bersih. Ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kapur dan lumut yang ada di kolam. Ulangi menggosok pada bagian lumut yang masih menempel.

4. Keringkan

Langkah yang terakhir adalah mengeringkan kolam. Minimal menunggu 1 hari untuk kembali menggunakan kolam yang sudah dibersihkan.

Bagaimana Kawan Jitu? Mudah kan menghilangan lumut membandel pada kolam. Selain di kolam lele, kolam untuk ikan lain seperti koi juga bisa menggunakan cara ini. Jangan takut melakukannya, karena cara ini 100% aman untuk kesehatan ikan.

Hasil Pelatihan Lele Bioflok BPPP Tegal, Memberikan Keuntungan bagi Pembudidaya Lele

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun