logo


Cara Jitu Hilangkan Lumut Bandel di Kolam Lele dengan Kalsit

cara mudah menghilangkan lumut pada kolam ikan

4 Maret 2020 16:34 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Budidaya lele kian digandrungi masyakarat. Tidak hanya pebisnis berpengalaman, banyak juga pemula melirik bisnis budidaya ikan lele. Permintaan tinggi, harga yang stabil dan juga masa panen yang relatif cepat menjadikan budidaya ikan lele selalu diminati. Tapi, dalam suatu bisnis pasti ada kendala tak terkecuali dalam pembibitan dan pembesaran ikan lele.

Lumut merupakan pakan alami ikan, bisa dikatakan lumut baik untuk metabolisme ikan lele. Akan menjadi suatu masalah jika pertumbuhan lumut tidak terkontrol. Hal tersebut sering ditemukan pada kolam pembibitan ikan lele sistem clear water system.

Clear water system atau sistem air bening ini memang paling cocok untuk pemijah lele. Bibit lele dengan sistem air bening, mudah beradaptasi saat pemindahan ke metode air lainnya. Bibit lele akan tetap sehat walau dipindah ke red water system atau green water system. Tapi jika sebelumya bibit lele RWS dipindah ke GWS atau sebaliknya, bisa dipastikan bibit itu akan setres. Hal itu disebabkan kandungan plankton dan probiotik yang berbeda.


Bioflok untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan

Permasalahan lumut dalam kolam air bening, sangat lumrah terjadi. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari dapat dengan mudah menembus ke dasar kolam. Sinar matahari ini sangat bagus untuk pertumbuhan ikan, tapi dengan efek samping lumut akan cepat tumbuh. Pertumbuhan lumut akan semakin cepat dikala musim penghujan. Hanya dalam waktu 4 hari, semua dasar kolam akan tertutupi lumut. Untuk pencegahan lumut pada kolam lele bisa dilakukan dengan cara:

1. Pemasangan paranet

Paranet dapat menghambat pertumbuhan lumut. Sinar matahari sebagian akan tertahan oleh paranet. Penggunaan paranet lebih disarankan daripada mengatapi dengan plastik atau malah galvalum. Plastik memang menahan air tapi menghambat suplai oksigen ke atas kolam. Galvalum lebih parah lagi, untuk bibit ikan material itu menghambat matahari dan oksigen.

Hasil Pelatihan Lele Bioflok BPPP Tegal, Memberikan Keuntungan bagi Pembudidaya Lele

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun