logo


Masker Langka, Pemerintah Diminta Gandeng UMKM dan Bagikan Masker Gratis ke Masyarakat

Masker mulai langka dan mahal harganya akibat wabah virus corona

4 Maret 2020 14:15 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah menyoroti langka dan mahalnya masker akibat fenomena panic buying masyarakat karena adanya virus Corona.

Dia mengusulkan agar pemerintah menggandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menyediakan masker.

“Salah satu caranya dengan memanfaatkan sisa kain jahit (kain perca) untuk membuat masker. UMKM yang banyak tersebar di seluruh Indonesia, bisa membuat masker dari kain perca tersebut," ujar Siti, Rabu (4/3).


Wabah Virus Corona, Jokowi: Tantangan yang Kita Hadapi Betul-betul Sangat Tidak Mudah

Dia menilai langkah ini sangat membantu, dan pemerintah tinggal minta produsen untuk transfer ilmu atau bahan tambahan ke UMKM agar hasil masker UMKM memenuhi standart SNI.

“Langkah ini juga untuk menstabilkan stok dan harga masker di pasaran guna mencegah permainan harga oleh para spekulan,” kata dia.

Politisi PKB ini membagikan bahwa dia mendengar langsung kegelisahan dan permintaan rakyat agar pemerintah memberikan gratis masker untuk melindungi diri dari bahaya virus Corona.

“Saya menilai hal ini dapat dilakukan pemerintah, membeli masker UMKM yang harganya jauh lebih murah, untuk dibagi-bagikan gratis ke masyarakat,” pungkasnya.

Wali Kota Surabaya Timbun Masker untuk Warga, Demokrat: Patut Dipuji

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata