logo


KKP Kembangkan Benih Ikan Bermutu, DPR Beri Apresiasi

Komisi IV DPR minta KKP bisa memberikan solusi kebutuhan benih

3 Maret 2020 19:28 WIB

Rombongan anggota komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Pembenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) Ambarawa, Jumat (28/2).
Rombongan anggota komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Pembenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) Ambarawa, Jumat (28/2). KKP

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menyatakan bahwa KKP telah melakukan beberapa langkah penguatan di bidang pembenihan ikan diantaranya dengan menjamin ketersediaan benih dan calon induk unggul, penerapan biosecurity secara ketat, melakukan sertifikasi Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB), serta melakukan monitoring residu dan kesehatan ikan.

“Khusus untuk pakan benih ikan, KKP juga telah mengembangkan percontohan pakan ikan alami untuk memenuhi kebutuhan pakan di level pembenih. Tahun ini akan mulai dibangun pengembangan budidaya cacing sutera (tibufex) sistem apartemen di masyarakat, khususnya di sentra pembenihan ikan,” lanjut Slamet.

Secara umum, target produksi perikanan budidaya secara nasional tahun 2020 sebesar 18.440.000 ton dimana 4.685.446 ton diantaranya adalah komoditas ikan air tawar (ikan mas, nila, lele, patin, dan gurame). Untuk menghasilkan 4.685.446 ton ikan konsumsi tersebut, maka dibutuhkan benih sebanyak 29 milyar.


Tak Diizinkan Jadi Kendaraan Umum, Ratusan Ojol Geruduk Kantor DPR

“Selain itu untuk menunjang kebutuhan benih di masyarakat, KKP juga telah memasyarakatkan teknologi pembenihan sistem Recirculation Aquaculture System (RAS) mulai dari skala rumah tangga hingga skala industri,” imbuh Slamet.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan menyatakan bahwa dengan potensi perikanan air tawar yang dimiliki Jawa Tengah, pemerintah daerah terus mendorong masyarakat untuk dapat berpartisipasi memajukan perikanan di wilayahnya. Saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah memiliki 7 UPTD dengan luas lahan sekitar 20 ha yang mampu memproduksi benih ikan sebanyak kurang lebih 5,7 juta ekor benih pada tahun 2019.

“Dengan komunikasi dan kolaborasi yang baik bersama pemerintah pusat khususnya KKP, kesejahteraan masyarakat khususnyda pembudidaya ikan akan menjadi keniscayaan,” pungkas Fendiawan.

DPR Minta Pemerintah Transparan Soal Adanya Virus Corona di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata