logo


KKP Kembangkan Benih Ikan Bermutu, DPR Beri Apresiasi

Komisi IV DPR minta KKP bisa memberikan solusi kebutuhan benih

3 Maret 2020 19:28 WIB

Rombongan anggota komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Pembenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) Ambarawa, Jumat (28/2).
Rombongan anggota komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Pembenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) Ambarawa, Jumat (28/2). KKP

AMBARAWA, JITUNEWS.COM - Keberadaan balai benih ikan khususnya komiditas air tawar di Jawa Tengah menjadi salah satu penunjang produksi perikanan budidaya nasional. Balai Pembenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar di Ambarawa merupakan salah satu pemasok benih bermutu terbesar di Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin pada saat memimpin rombongan anggota komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Balai Pembenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT) Ambarawa, Jumat (28/2).

Dalam kesempatan ini rombongan Komisi IV DPR RI turut didampingi oleh Direktur Pakan dan Obat Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah serta jajaran forkopimda Provinsi Jawa Tengah.


Jokowi Minta Omnibus Law Selesai dalam 100 Hari, Puan: Intinya Adalah Jangan Terburu-buru

BPBIAT Ambarawa merupakan salah satu UPTD di bawah naungan Balai Lab. Pengujian Kesehatan Ikan dan Lingkungan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. Dalam kurun waktu 2015 – 2018 BPBIAT Ambarawa berhasil memproduksi benih ikan air tawar sebanyak 5.102.541 ekor benih untuk komoditas Nila, Koi dan Karper. Sedangkan untuk tahun 2019 menurut data sementara, produksi benih BPBIAT telah mencapai hampir 1 juta ekor.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah, dan mendapatkan aspirasi bahwa di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Ambarawa ini, kebutuhan yang cukup mendesak adalah pembaharuan mesin produksi pakan mandiri untuk dapat meningkatkan jumlah produksi benih serta menekan biaya produksi,” ujar Hasan.

“Kami harapkan pemerintah melalui KKP dapat hadir untuk menghadirkan solusi memenuhi kebutuhan benih yang berkualitas untuk masyarakat,” tutup Hasan.

Tak Diizinkan Jadi Kendaraan Umum, Ratusan Ojol Geruduk Kantor DPR

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata