logo


Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh, Cegah Ancaman Virus

Berbagai bahan makanan peningkat sistem kekebalan tubuh

3 Maret 2020 12:33 WIB

Ilustrasi Sistem Imun Tubuh
Ilustrasi Sistem Imun Tubuh dokter sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun bisa diibaratkan sebagai sekelompok barisan penjaga yang saling terintegrasi dalam menjaga tubuh dari ancaman bakteri, jamur, dan virus. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, serangan kuman penyakit dan virus tersebut dapat dengan mudah masuk dan menimbulkan gejala infeksi.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kita perlu mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Dilansir dari Alodokter.com, beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut diantaranya:

1. Brokoli


Menkes Dituding Sok Hebat Terkait Virus Corona, Fadli Zon: Arogansi Tidak Ada Gunanya

Brokoli mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bayam

Kandungan antioksidan pada sayuran bayam juga sangat tinggi. Selain itu, bayam juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi lain seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang terbukti efektif untuk memperkuat sistem imun tubuh.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang bersifat anti bakteri, virus, dan parasit. Kandungan antioksidan tinggi yang ada pada bawang dapat mengatasi peradangan. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan bawang untuk mengatasi gejala flu dan batuk.

4. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sistem imun tubuh lemah. Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung zat antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi. Senyawa tersebut sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh diantaranya jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan pepaya.


Selain mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh secara optimal, kita juga perlu menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin berolahraga dan menjauhi makanan yang mengandung kolesterol dan gula yang terlalu tinggi.

Kementerian BUMN Instruksikan PT Biofarma Segera Bikin Vaksin Virus Corona

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×