logo


DPR Minta Pemerintah Transparan Soal Adanya Virus Corona di Indonesia

“Pemerintah juga harus terbuka terkait informasi penyebaran virus corona, serta berapa jumlah yang terjangkit,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, M. Nabil Haroen.

2 Maret 2020 19:30 WIB

fox6now.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, M. Nabil Haroen menegaskan pemerintah Indonesia harus lebih sigap, cermat sekaligus teliti untuk menangani Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menjadi korban virus corona.

Dia mengatakan Kementrian Kesehatan harus menyampaikan kepada publik bagaimana langkah-langkah dan bagaimana alur jika seseorang merasa terjangkit virus corona,

“Ini penting karena sejauh ini langkah-langkah yang ada masih samar. Perlu tahapan kongkret yang menghubungkan antar sektor: Kementrian Kesehatan, Imigirasi, Kementrian Luar Negeri dan sebagainya,” ujarnya di Jakarta, Senin (2/3/2020).


Virus Corona Masuk Indonesia, MPR Minta Pemerintah Belajar dari Negara Lain

“Pemerintah juga harus terbuka terkait informasi penyebaran virus corona, serta berapa jumlah yang terjangkit,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Nabil menyoroti pernyataan Direktur Jendral WHO (World Healt Organization) Tedros Adhanom Ghebreyesus yang mengatakan bahwa tidak boleh ada satu negarapun yang mengasumsikan bebas dari corona. Dan anggapan pemerintah sebuah negara yang bebas dari corona, merupakan kesalahan fatal.

Menurutnya pernyataan tersebut harus dibaca sebagai peringatan agar pemerintah tidak meremehkan dampak dari persebaran virus corona, sekaligus mengambil langkah-langkah yang nyata.

Diketahui Presiden Jokowi sudah mengumumkan ada 2 pasien virus corono di Indonesia. Keduanya telah dirawat di Rumat Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Nabil menegaskan bahwa pihak Kemenkes dan tim terkait harus mengumumkan langkah-langkah strategis kepada masyarakat, sekaligus bagaimana menangani virus ini agar tidak menyebar lebih luas.

“Juga, penting untuk menyampaikan informasi fakta lapangan secara real time agar ada kesiapan dari publik,” pungkasnya.

2 Warga Depok Kena Virus Corona, NasDem: Pemerintah Sudah Punya Langkah yang Tepat

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia
 
×
×