logo


Menteri PUPR: Bendungan Kuwil, Solusi Penanganan Banjir Manado

"Kapasitas bendungan 23 juta m3 Ini kita bangun untuk pengendalian banjir Kota Manado pada saat dulu ada banjir basar," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

2 Maret 2020 18:28 WIB

Kementerian PUPR membangun Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Ulawesi Utara
Kementerian PUPR membangun Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Ulawesi Utara Kementerian PUPR

MINAHASA UTARA, JITUNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau bendungan Kuwil yang berada Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (01/03).

Basuki mengungkapkan bahwa saat ini sudah mencapai 60 persen dan akan terus dikebut sampai tahun ini diharapkan selesai. Basuki mengungkapkan Bendungan Kuwil ini diharapkan menjadi solusi pengendalian banjir kota manado. Mengingat pernah terjadi banjir bandang pada 2014 yang lalu.

"Kapasitas bendungan 23 juta m3 Ini kita bangun untuk pengendalian banjir Kota Manado pada saat dulu ada banjir basar," ungkap Basuki.


Konreg PUPR Se-Bali, Kalimantan dan Sulawesi Bahas Infrastruktur di Manado

Dirinya juga menjelaskan bendungan ini bisa dimanfaatkan sebagai penyediaan air baku dan juga akan dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Bendungan yang sudah dikerjakan sejak tahun 2016 ini dibangun dengan
luas genangan 139 hektare. Soal proses pembahasan tanah untuk proyek ini Basuki berjanji akan memberikan ganti untuk bagi para warga yang tergusur.

“Mudah-mudahan sudah tidak ada masalah. Saya rasa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara aktif sekali sehingga saya tidak khawatir soal lahan. Kita siap ganti untung, tinggal prosesnya saja,” pungkasnya.

Pesan Menteri PUPR di Konreg Manado: Kita Percepat Infrastruktur Sarana Pendidikan

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Tino Aditia