logo


Anang Minta Wishnutama Ubah TDUP Akomodasi Royalti Musik

Anang minta Wishnutama untuk mengubah Permenpar No 10 Tahun 2018

1 Maret 2020 17:34 WIB

Anang Hermansyah.
Anang Hermansyah. Dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Keberadaan UU No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta nyatanya belum banyak pemangku kepentingan yang mengetahuinya. Aturan pembayaran royalti di tempat publik seperti pusat perbelanjaan, kafe, restoran dan tempat pariwisata yang memutar lagu belum diketahui oleh para pelaku usaha.

Musisi dan pegiat ekonomi kreatif Anang Hermansyah mendesak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, untuk mengubah Peraturan Menteri No 10 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pariwisata.

"Perubahan nomenkaltur Kementerian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif semestinya diikuti dengan mengubah paradigma kementerian dengan mensinergikan antara sektor pariwisata dan ekraf," kata Anang di Jakarta, Jumat (28/2).


Tak Akan Gunakan Influencer BTS, Wishnutama: Kita Tidak Mampu Bayar

Mantan anggota DPR ini mengusulkan agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengubah Permenpar No 10 Tahun 2018 dengan menyertakan sektor kreatif khususnya mengenai royalti musik sebagai salah satu syarat terbitnya TDUP.

"Perlu diatur agar dalam Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang diterbitkan pemerintah disertakan mengenai kewajiban membayar royalti penyanyi dan pencipta terhadap lagu yang diputar di tempat usaha," tegas Anang.

Dilarikan ke Rumah Sakit, Aurel Hermansyah: Berantem Dulu Sama Dokternya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata