logo


Selain Ramah Lingkungan, PLTGU Jawa 2 Juga Berperan Memperbaiki Perekonomian

Sistem pembakaran Dry Low Nitrogen Oksida (NOx) Type Cumbuster di PLTGU menghasilkan emisi gas buang ramah lingkungan. 

29 Februari 2020 15:29 WIB

PLTGU Jawa 2
PLTGU Jawa 2 Humas PLN

JAKARTA, JITUNEWS.COM– Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 2 (sistem kelistrikan Jawa Bali). PLTGU ini berlokasi di area PT Indonesia Power UPJP Priok, Jakarta Utara dengan luas area sebesar ± 5,2 Hektare . PLTGU Jawa 2 berfungsi menjaga keandalan listrik karena dapat membangkitkan listrik dalam waktu yang cepat.

“Jadi ketika terjadi peningkatan kebutuhan secara tiba-tiba, ataupun ada gangguan pada satu pembangkit di sistem Jawa Bali, pembangkit ini yang akan segera memenuhi kebutuhan listrik pada sistem,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Daya yang dihasilkan oleh PLTGU Jawa 2 disalurkan melalui Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Priok, selanjutnya dari IBT 500 kV/150 kV akan disalurkan ke sistem jaringan 150 kV ke arah GIS 150 kV Priok Timur Baru dan GIS 150 kV Priok Barat. PLTGU Jawa 2 juga didesain ramah lingkungan. Sistem pembakaran Dry Low Nitrogen Oksida (NOx) Type Cumbuster di PLTGU menghasilkan emisi gas buang ramah lingkungan.


Operasikan PLTU Jawa 8, PLN Ciptakan Potensi Penghematan Rp 1 Triliun

"Proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW. Energi listrik tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat dan mendorong tumbuhnya ekonomi,” imbuh Haryanto.

PLTGU Jawa 2 turut berperan serta dalam memperbaiki perekonomian, lingkungan, dan kehidupan sosial di daerah sekitar pembangkitan. Program unggulan berkelanjutan yang dijalankan antara lain Rumah Kreatif dan Inovatif bagi mantan pencandu narkoba, PAUD Inklusif bagi anak-anak berkebutuhan khusus, serta Taman Hatinya dan Kampung Sehat Hijaunesia Power yang merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis lingkungan.

Kelistrikan Jakarta Telah Kembali Normal Pasca Banjir

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati