logo


Jokowi Batal ke Las Vegas, Istana Tegaskan Uang Sewa Pesawat Tidak Dikembalikan

KTT ASEAN-US ditunda karena adanya virus corona

29 Februari 2020 15:02 WIB

Presiden Jokowi wawancara dengan awak media
Presiden Jokowi wawancara dengan awak media Doc Sekretariat Presiden

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo batal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US di Las Vegas, Amerika Serikat. Pasalnya pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk menunda KTT ASEAN-US mengingat adanya wabah virus corona.

Presiden Jokowi direncanakan terbang ke AS dengan menggunakan pesawat sewaan milik Garuda Indonsia. Jokowi mengklaim penyewaan tersebut untuk menghemat anggaran. Pasalnya pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet (BJJ) tipe 737-800 tidak efektif untuk penerbangan jarak jauh. Sehubungan dengan batalnya Jokowi ke AS, pihak Istana menegaskan bahwa uang sewa pesawat tidak akan dikembalikan.

"Ini kan maskapai milik negara, Garuda. Jadi sebenarnya tdak ada yang harus dipikirkan mengenai sola uang sewa (untuk dikembalikan)," kata Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian sperti dilansir CNNIndonesia.com, Sabtu (29/2/2020).


Jokowi Pilih Sewa Pesawat untuk ke AS, Ini Alasannya

Donny menyampaikan bahwa kontrak sewa masih berlaku. Pesawat Garuda Indonesia yang telah disewa nantinya akan digunakan apabila waktu pengganti pelaksanaan KTT ASEAN-US sudah ditetapkan kembali.

"Tinggal tunggu waktu pelaksanaan saja. Jadi tidak dibatalkan, hanya ditunda karena mengingat situasi kesehatan global saat ini," pungkasnya.

 

Google dan Microsoft Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia, Begini Reaksi Jokowi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati