logo


Usahakan Jemaah Indonesia Bisa Umrah, Ma'ruf Amin: Negosiasi Terus Dilakukan

Larangan Arab Saudi kepada warga asing itu bersifat universal

28 Februari 2020 13:53 WIB

KH Ma\'ruf Amin
KH Ma'ruf Amin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa KBRI Arab Saudi mengusahakan agar jemaah asal Indonesia bisa menjalankan ibadah umrah.

"Tentu mereka (KBRI Saudi) mengusahakan. Tapi seluruhnya itu pada kedaulatan Saudi dan tak akan mengintervensi," ujar Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

Ma'ruf mengatakan larangan Saudi kepada warga asing itu bersifat universal. Ia belum mengetahui apakan ada pengecualian untuk Indonesia, mengingat Indonesia terbebas dari virus corona.


Calon Jemaah Umrah yang Tertahan di Istanbul dan Jeddah Dipulangkan

"Ya tentu keputusan Saudi itu lebih bersifat menyeluruh ya. Apakah nanti apakah ada kebijakan itu kita lihat saja. Apakah ada pengecualian kita belum memperoleh konfirmasi dari Saudi," kata Ma'ruf.

Menurutnya, kebijakan tersebut tentu berdampak pada perekonomian negara, seperti kerugian oleh biro perjalanan umroh.

"Ya ini karena kebijakan dari negara lain, harus kita hormati ya. Akibatnya itu, itu sebagai satu langkah. Karena itu semua, sekarang ini negara mendapatkan kerugian. Tentu dampaknya terhadap pengusaha-pengusaha, kepada biro-biro perjalanan, bahkan ada negara yang surplus sekarang minus. Itu lah karena pengaruh virus corona," jelasnya.

Ma'ruf mengatakan pemerintah melakukan negosiasi dengan Saudi.

"Ya negosiasi itu terus dilakukan tentu, tetapi kewenangan ada di Saudi. Itu kedaulatan mereka saya kira kita menghormatilah," pungkasnya.

Virus Corona Minggir dari Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin: Berkat Kyai dan Ulama yang Selalu Baca Doa Qunut

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×