logo


Terungkap, Fenomena Ribuan Bangkai Ikan di Perairan Maluku Utara Ternyata Karena...

LIPI mengungkap bahwa ledakan alga merupakan penyebab terjadinya fenomena ribuan bangkai ikan tersebar di perairan laut Maluku Utara

28 Februari 2020 14:15 WIB

Ilustrasi ratusan ikan mati
Ilustrasi ratusan ikan mati istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Fenomena ratusan bangkai ekor ikan yang memenuhi sejumlah kawasan pesisir perairan Maluku Utara pada Rabu (26/2) kemarin diduga karena adanya ledakan alga yang membuat kandungan fosfat di laut terlalu tinggi.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan alga sendiri merupakan tumbuhan laut berukuran kecil yang memiliki bentuk bulat, yang berada di perairan tertutup seperti Teluk Maluku. Perkembangan alga secara besar-besaran dapat menghasilkan sebuah lendir beracun yang dapat mengurangi kadar oksigen dalam air.

"Kalau dia (alga) banyak, dia ada sifat beracun, dia mengeluarkan semacam lendir beracun. Lalu dia juga akan menghirup oksigen, rebutan sama ikan oksigennya. Jadi, dia mengurangi oksigen yang ada di air," kata Peneliti Laut Dalam LIPI, Nugroho dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (28/2).


Dana Bantuan Parpol Diusulkan Naik, PPP: Tentu Kami Berterimakasih

Nugroho menjelaskan bahwa pertumbuhan alga ini juga dipengaruhi oleh aktivitas manusia yang sering membuang sampah ke laut.

"Jadi aktivitas manusia di darat, kalau kita buang sampah, buang kotoran. Karena unsur-unsur itu maka dia (air laut) bisa subur, termasuk pembuangan limbah juga. Ledakan alga karena air laut subur, cocok buat alga untuk berkembang," tuturnya.

Melihat Ikan Berenang Bisa Hilangkan Stres, Yuk Dicoba!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia