logo


Waspada! Penyakit Ini Mengintai Anak-anak dan Bayi Saat Banjir Tiba

Anak-anak dan bayi lebih rentan terhadap penyakit

28 Februari 2020 18:15 WIB

Ilustrasi anak sakit
Ilustrasi anak sakit kveller.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Memasuki musim penghujan, beberapa daerah di Indonesia terkena dampak banjir. Banyak kerugian yang diakibatkan karena banjir, termasuk kesehatan. Beberapa orang mulai terserang penyakit karena banjir. Bahkan mirisnya, bayi dan anak-anak justru lebih rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Dokter spesialis anak, Dr. dr Nastiti Kaswandani, Sp.A (K) mengatakan bahwa beberapa penyakit lebih mudah menyerang anak-anak pada saat terjadi banjir. Diantaranya yaitu penyakit yang meyerang sistem pernapasan.

"Saluran pernapasan bagian atas, terutama di anak, jaadi organ tubuh yang paling mudah terpapar virus, seperti influenza. Orang tua harus menjaga saluran pernapasan atas anak agar tidak mudah tertular salesma (pilek dan bersian biasa). Sering anak itu dapat pengobatan antibiotik yang tidak perlu karena gejala salesma, padahal salesma dapat sembuh dengan sendirinya," jelas Dr. dr. Nastiti saat ditemui di Plataran Menteng, Kamis (27/2/2020).


Waspada! Berikut Penyakit yang Umum Muncul Saat Banjir

Selain itu, sistem pencernaaan adalah bagian yang harus diwaspdai oleh orang tua terutama saat banjir tiba. Biasaanya saat banjir tiba, penyakit yang sering muncul adalah diare dan penyakit kulit.

"Diare akut dan penyakit kulit juga bisa. Diare itu buang air besarnya mencret, Bisa karena kekurangan air bersih, karena sumber air bersihnya berkurang sehingga makanan atau tangan menjadi kurang bersih waktu anak makan makanya terjadi diare. Ya kalau kulit sudah pasti, air yang kurang bersih kontak dengan kulit terjadi penyakit kulit," pungkasnya.

Waspada Hipotermia, Berikut Gejala dan Penanganannya.

Halaman: