logo


Indonesia Aman dari Virus Corona, Ketua MPR Keberatan dengan Kebijakan Larangan Umrah

Ketua MPR RI menilai Arab Saudi seharusnya membuat pengecualian untuk jemaah umrah asal Indonesia, mengingat Indonesia masih bersih dari virus Corona

27 Februari 2020 14:15 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berbeda dengan reaksi Presiden Jokowi dan Menko PMK Muhadjir Effendy terkait kebijakan larangan umrah oleh pihak Kerajaan Arab Saudi, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mempunyai pandangan lain.

Ia mengkritisi langkah kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang untuk sementara waktu melarang kunjungan jemaah umroh untuk warga asing.

Bambang Soesatyo menjelaskan seharusnya kebijakan larangan tersebut tidak ditujukan kepada calon jemaah asal Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara yang masih steril dari virus Corona.


Arab Keluarkan Kebijakan Larangan Umrah, Muhadjir Effendy: Harus Diterima dengan Sabar

"Berbeda dengan negara lain seperti Malaysia, Thailand, Singapura, India, Pakistan, dan lainnya yang terkena penghentian sementara umroh lantaran di negaranya sudah ditemukan banyak warga yang terkena virus COVID-19, di Indonesia sejauh ini masih bersih," tulis Bamsoet dalam siaran pers, Kamis (27/2).

Sebelumnya, pihak Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan larangan umrah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona ke negaranya. Virus Corona sendiri diketahui menjadi ancaman kesehatan dunia yang telah menyebar hingga 45 negara di luar China.

Arab Saudi Melarang Umrah, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia