logo


Perusahaan Terbesar dan Terkaya di Dunia ini Pernah Ada di Indonesia, Dulu...

VOC merupakan perusahaan terbesar yang pernah ada dalam sejarah

27 Februari 2020 12:00 WIB

VOC
VOC istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berbicara mengenai perusahaan terbesar, tentunya kita akan menebak jika perusahaan tersebut adalah Apple, Amazon, Facebook, atau Microsoft. Namun, sejarah mencatat, jumlah kekayaan perusahaan-perusahaan terbesar saat ini tersebut masih jauh dibawah perusahaan dagang milik Belanda dulu, VOC.

Dilansir dari berbagai sumber, VOC merupakan perusahaan dagang terbesar dan tersukses yang pernah ada di dunia. Perusahaan ini memiliki nilai kekayaan yang mencapai USD 7.9 Triliun atau sekitar Rp 107.037,1 Triliun.

Nilai kekayaan tersebut setara dengan kekayaan 20 perusahaan terbesar di dunia saat ini jika digabungkan. Bahkan, nilai kekayaan perusahaan Apple, yang saat ini merupakan salah satu perusahaan terkaya, hanya bernilai USD 102 Miliar, atau sekitar Rp 1.400 triliun.


3 Seni Bela Diri Ini Terlalu Bahaya untuk Dipertandingkan

Menyandang predikat perusahaan, VOC memiliki hak istimewa dari pihak kerajaan Belanda waktu itu. Kerajaan mengijinkan VOC untuk memonopoli perdagangan, membuat mata uang sendiri, mengadakan pemerintahan sendiri, memiliki angkatan perang yang mampu mendeklarasikan perang. Luar Biasa.

Yakin Gak Pernah Jadi 'Bucin'? Yuk Kenali Gejalanya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia