logo


Terkait Pengelolaan Budaya, Nadiem Ingin Indonesia Seperti Korea Selatan

Nadiem Makarim menilai Indonesia perlu memamerkan ragam kebudayaan ke negara-negara lain

27 Februari 2020 06:30 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan keinginannya terkait pengelolaan budaya di Indonesia. Ia berharap dapat mengikuti jejak Korea Selatan yang berhasil membuat budaya lokal mendunia.

"Dia (Korea Selatan) bisa mengolah budaya dia. Tapi dia juga melakukan berbagai macam unsur budaya lain. Tapi setelah itu budaya dari film dan musik mereka jadi besar. Bahkan tradisi mereka pun ikut terangkat," kata Nadiem Makarim di Jakarta Pusat, Rabu (26/2).

Demi mewujudkan itu, Nadiem menilai ada sejumlah hal yang harus diperbaiki dalam aspek kebudayaan. Menurutnya, Indonesia harus mengubah pendekatan dengan budaya. Selain menjaga kelestarian, Indonesia juga harus memperkenalkan keberagaman budaya ke negara lain.


Jakarta Banjir Terus, DPRD DKI Akhirnya Bikin Pansus

Ragam budaya, lanjut Nadiem, bukan hanya baju adat, tari, dan seni, melainkan juga aktivitas, tempat, produk hingga keterampilan unik di suatu daerah.

"Kenapa semua tourism paling besar Bali, Yogya? Saya jamin banyak pantai-pantai yang lebih cantik dari Bali. Banyak kota-kota lebih bagus dari Yogya. Alasannya budaya, kebudayaan mereka tonjolkan," jelasnya.

Jadi Solusi Perekonomian, ISED Harap Omnibus Law Berumur Panjang

Halaman: 
Penulis : Iskandar