logo


Gagal Berangkatkan Jamaah, Travel Umroh Nakal Divonis 3,5 tahun

Agen Travel Umroh yang nekat memberangkatkan jamaah padahal belum mengantongi izin sebagai PPIU akan mendapat sanksi

25 Februari 2020 18:22 WIB

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim
Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim Kemenag

Dia juga mengungkapkan penangkapan ini adalah hasil kerjasama antara Polres Bandara Soetta dengan Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus.

"Kami terus bersinergi dengan Polres Bandara. PT. Duta Adhikarya Bersama/Dutabaitul tidak memiliki izin PPIU dari Kemenag, dan telah gagal memberangkatkan 46 jemaah umrah," jelas Arfi Hatim saat konpers penangkapan pimpinan PT Duta Adhikarya Bersama di Bandara Soetta, 12 November 2019.

Menurutnya, penangkapan ini berawal dari laporan yang diterima Tim Pengawas Umrah Kemenag di Bandara Soetta yang kemudian dikoordinasikan oleh Kemenag dengan Polres Bandara. Sesuai ketentuan ayat (1) pasal 99 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Kemenag mempunyai tugas melakukan pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan ibadah umrah. Dari hasil pengawasan dan evaluasi tersebut, ditemukan adanya tindak pidana.


Bantah Dukung Pemulangan WNI eks-ISIS, Kemenag: Masih Ada Potensi Ancaman Keamanan

"Hasil pengawasan dan evaluasi ini lalu dikoordinasikan kepada aparat penegak hukum untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

"Kemenag akan terus melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum dan juga dengan Kementerian/Lembaga lainnya dalam melakukan pengawasan dan penanganan permasalahan penyelenggaraan ibadah umrah sesuai dengan amanah dari UU Nomor 8 Tahun 2019," tandasnya.

Diminta Keluarkan Fatwa Orang Kaya Nikahin Orang Miskin, Kemenag: Tidak Perlu!

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata